Lupa Niat
وَالمُعْتَمَدُ أَنَّهُ لَوْ تَسَحَّرَ لِيَصُوْمَ، أَوْ شَرِبَ لِدَفْعِ العَطَشِ نَهَارًا، أَوِ امْتَنَعَ مِنَ الْأَكْلِ أَوِ الشُّرْبِ أَوِ الْجِمَاعِ خَوْفَ طُلُوعِ الْفَجْرِ كَانَ ذَلِكَ نِيَّةً إِنْ خَطَرَ بِبَالِهِ الصَّوْمُ بِالصِّفَاتِ الَّتِي يُشْتَرَطُ التَّعَرُّضُ لَهَا لِتَضَمُّنِ كُلٍّ مِنْهَا قَصْدَ الصَّوْمِ.
Terjemahan:
Pendapat yang dipegang (dalam mazhab Syafi'i) adalah bahwa jika seseorang makan sahur dengan tujuan berpuasa, atau minum untuk menghilangkan dahaga di siang hari, atau menahan diri dari makan, minum, atau berhubungan suami istri karena takut terbitnya fajar, maka itu sudah dianggap sebagai niat, asalkan dalam benaknya terlintas maksud untuk berpuasa dengan sifat-sifat yang disyaratkan untuk disebut secara eksplisit, karena setiap perbuatan tersebut mencakup maksud untuk berpuasa.
Dari teks ini, jika seseorang lupa berniat shaum (puasa) tetapi melakukan sahur dengan niat puasa, maka itu sudah cukup dianggap sebagai niat puasa menurut pendapat yang kuat dalam mazhab Syafi'i.
*مغني المحتاج ٢ ص ١٤٨*
والمعتمد أنه لو تسحر ليصوم، أو شرب لدفع العطش نهارا، أو امتنع من الاكل أو الشرب أو الجماع خوف طلوع الفجر *كان ذلك نية* إن خطر بباله الصوم بالصفات التي يشترط التعرض لها لتضمن كل منها قصد الصوم
Posting Komentar